Rumah populer paling populer di Indonesia

Indonesia terkenal dengan budayanya yang kaya, salah satunya adalah rumah tradisional yang penuh dengan nilai-nilai budaya Indonesia. Berikut adalah 10 rumah tradisional paling populer di berbagai wilayah di Indonesia, menurut survei R&D.

1. Rumah Joglo Tradisional (Jawa Tengah)
Arsitektur rumah ini unik dan penuh dengan nilai-nilai budaya Jawa. Dibangun dari kayu jati, struktur rumah tahan lama dan kuat. Bangunan itu juga memiliki arsitektur persegi panjang yang unik, dengan langit-langit tinggi.

2. rumah tradisional Gadang (Sumatera Barat)
Rumah Tradisional Minangkabau memiliki fitur unik, atap melengkung dengan tepi yang tajam. rumah adat . Jumlah kamar di rumah ini tergantung pada jumlah wanita yang tinggal di dalamnya.
3. Rumah Adat DKI Jakarta
Betaby Tribal House memiliki karakteristik sendiri yang berbentuk seperti kubus dan teras besar yang menghibur para tamu, di samping tempat untuk pertemuan keluarga. Secara arsitektur, bangunan ini memiliki makna filosofis, yaitu kepribadian orang Betawi yang mengutamakan prinsip kekerabatan, keterbukaan, persahabatan dan keharmonisan.
4- Rama kembali ke Limas (Sumatra Selatan)
Seperti namanya, rumah itu berbentuk seperti piramida dengan bangunan bertingkat, di mana setiap tingkat memiliki filosofi budaya sendiri. Tingkat rumah ini memiliki lima kamar yang mewakili lima tingkat kehidupan masyarakat, seperti usia, jenis kelamin, bakat, posisi dan status.

5. Rumah tradisional di Tongkunan (Sulawesi Selatan)
Atap rumah ini melengkung dalam bentuk perahu dengan struktur rumah beraspal dengan kolom bulat yang berdiri berjajar mendukung bangunan. Rumah ini juga memiliki sistem pod kerbau di depan rumah, yang menunjukkan tingkat kelas sosial dari pemilik rumah.

6. Rumah Bedouin Tradisional (Banten)
Rumah tradisional Badaun adalah rumah panggung yang menggunakan bahan bambu di hampir setiap bagian rumah. Sifat keluarga Badui yang sangat kental mempengaruhi proses pembangunan rumah tradisional ini.

7. Kirim Ghar Tradisional (Sulawesi Barat)
Rumah Tradisional Mandar adalah rumah tradisional di Mamaju, Sulawesi Barat. Rumah itu memiliki struktur dramatis yang diatur oleh balok kayu, sekitar 2 meter. Dinding rumah ini menggunakan bahan plat yang biasanya diukir sesuai dengan bentuk khusus dari suku Mandar.

8. Honai Lok Sabha (Papua)
Rumah unik ini berbentuk kerucut dan terbuat dari bahan alami. Rumah Huni dibagi menjadi tiga kategori, yaitu, pria (Hunai), wanita (EBE) dan sapi atau babi (Vamai). Bagi masyarakat Papua, rumah Honai bukan hanya tempat tinggal, tetapi juga untuk mengajar pria dan wanita untuk mengajarkan kehidupan.

9. Dramatic Minaha House (Sulawesi Utara)
Rumah tradisional ini dikenal sebagai “Will” atau “Bell”. Rumah itu ditopang oleh kayu kecil, sehingga bisa kokoh dan memiliki dua laci di teras depan. Menurut filosofi komunitas Meenahas, dua tahap ini memiliki arti khusus pada saat proposal. Enam hingga delapan keluarga dapat tinggal di rumah ini.

10. Rumah Populer di Polon (Sumatera Utara)
Di masa lalu, rumah tradisional Petac menampung 13 raja di Sumatra utara. Rumah ini memiliki banyak fitur, termasuk persegi panjang dan atap pelana. Kamar di rumah ini dibagi menjadi beberapa kamar pribadi, ruang tamu dan kamar tempat istri yang diundang datang.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*