Penyebab Umum Aneurisma Serebral

Penyebab Umum Aneurisma Serebral akan dijelaskan pada penjelasan berikut ini. Namun sebelumnya Anda perlu tau bahwa Aneurisma Serebral adalah pembesaran yang terjadi pada pembuluh darah pada otak manusia. Hal tersebut bisanya diakibatkan oleh lemahnya dinding pembuluh darah.

Hal apa saja yang menjadi penyebab umum Aneurisma Serebral ini? Simak uraian dan penjelasan berikut ini agar Anda semakin paham dan mengerti terkait penyebab penyakit ini.

IMG_256

mundiario.com

  • Dinding pembuluh darah yang menipis

Aneurisma otak  akan mudah terjadi saat dinding pembuluh darah pada otak melemah atau menipis. Saat darah yang dibutuhkan otak akan disalurkan melalui empat pembuluh darah yang telaknya melalui leher. Maka saat terjadi  Aneurisma biasanya hal ini akan terjadi pada percabangan dari pembuluh darah yang lemah.

  • Tekanan Darah Tinggi

Salah satu faktor yang dianggap dapat melemahkan dinding pembuluh darah bahkan secara umum menjadi Penyebab Umum Aneurisma Serebral adalah Tekanan darah tinggi. 

Pada Kondisi ini mampu meningkatkan tekanan pada dinding pembuluh darah sehingga memicu terjadinya Aneurisma Serebral. Tekanan darah tinggi ini biasanya terjadi atau akan dialami oleh penderita obesitas atau orang-orang banyak mengonsumsi kafein, garam, dan alkohol.

  • Umur atas 40 Tahun

Pada orang-orang yang berusia di atas 40 tahun. Aneurisma Serebral lebih sering ditemukan. Hal ini dikarenakan oleh kondisi dinding pembuluh darah yang melemah seiring bertambahnya usia dan tekanan darah terus melewati dinding tersebut.

  • Jenis Kelamin

Aneurisma Serebral mudah terjadi pada orang-orang yang berjenis kelamin perempuan. Sehingga Anda akan sangat sering menjumpai bahwa sebagian besar penderita Aneurisma Serebral adalah wanita. 

Mengapa hal tersebut terjadi? Hal tersebut diduga adanya kaitan dengan hormon pada perempuan. Salah satunya terjadi penurunan hormon estrogen yang mampu menjaga elastisitas pembuluh darah. Namun pada saat pasca menoupause maka akan terjadi penurunan hormon tersebut.

  • Usia Anak-anak

Aneurisma bisa juga terjadi pada usia anak-anak dimana jumlah anak laki-laki sebagai penderita sedikit Aneurisma dan penderita lebih banyak terjadi pada anak perempuan. 

Selain umur terjadi pada anak-anak biasa disebabkan oleh kejadian setelah terjadinya trauma atau infeksi akibat jamur. Sedangkan jika terjadi pada orang dewasa itu disebabkan oleh proses degeneratif. 

  • Cedera pada kepala

Selanjutnya adalah terjadinya Cedera pada kepala. Walaupun kasus ini ajrang terjadi, namun saat seseorang mengalami cedera parah pada bagian otak maka sangat berisiko untuk meningkatkan Aneurisma Serebral.

  • Konsumsi alkohol

Pada orang yang mengonsumsi alkohol bahkan juga  melakukan penyalahgunaan pada obat-obat terlarang seperti narkoba terutama pada orang yang mengonsumsi kokain

  • Kondisi medis 

Pada salah satu penyebab penyakit ini salah satunya juga bisa disebabkan oleh kondisi medis namun bukan bawaan, misalnya penderita terjadi infeksi darah tertentu setelah melakukan operasi tertentu.

Bisa juga terjadi arteriosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh arteri di tubuh pasien. Selain itu juga bisa diakibatkan karena penurunan kadar hormon estrogen yang terjadi setelah menopause.

Selain itu juga bisa diakibatkan karena kondisi medis bawaan. Contohnya penyakit koartasio aorta, ginjal polikistik, malformasi arteri-vena, dan beberapa gangguan pada jaringan tubuh misalnya saja kasus sindrom Marfan dan Ehlers-Danlos

Demikianlah Penyebab umum Aneurisma Serebral ini semoga Anda bisa mengambil manfaatnya dan informasinya untuk menghindari penyakit ini

Referensi detik.com, klikdokter.com, alodokter.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*