Pengertian Worm Komputer: Ini Bahaya dan Cara Mengatasinya!

Singkatnya, pengertian worm komputer merupakan sebutan bagi program berbahaya yang tersembunyi dan menyebar serta mampu menggandakan diri di dalam komputer. Worm yang menyerang komputer bekerja secara otomatis tanpa adanya campur tangan manusia.

Perangkat komputer yang terinfeksi worm dan tidak segera ditangani, maka lama kelamaan akan semakin menyebar ke komputer lainnya yang menggunakan jaringan yang sama. Biasanya perkembangan serangan worm akan semakin cepat jika mendapatkan koneksi internet.

Jika biasanya virus menggandakan diri dengan menyisipkan program dirinya sendiri ke komputer, beda halnya dengan worm yang merupakan evolusi dari virus-virus komputer dengan ancaman yang lebih berbahaya.

Dari pengertian worm komputertersebut, bisa dikatakan bahwa akibat yang ditimbulkan dari serangan worm cukup serius. Jika worm komputer menyerang jaringan komputer perusahaan, maka hal tersebut bisa sangat merugikan perusahaan dan jika terus dibiarkan bisa menyebar ke perangkat komputer lainnya dalam jangkauan perusahaan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini Kami akan mengulas tentang bahaya dan cara mengatasi worm komputer.

Cara Kerja Worm Komputer dan Efeknya

Seperti yang sudah disinggung dalam pengertian work komputer diatas, maka cara kerja serangan ini berbeda dengan serang virus yang umumnya langsung merusak file-file di dalam komputer.

Worm bertindak seperti parasit yang tidak secara langsung menyerang komputer, dimana worm akan memanfaatkan celah keamanan yang bisa saja terbuka atau mengganggu pada sistem jaringan komputer(vulnerability).

Worm bukan virus, namun worm bisa menciptkan lebih banyak virus yang berbahaya yang siap untuk merusak komponen jaringan komputer Anda. Worm bahkan banyak di modifikasi oleh pengembang yang tidak betanggung jawab agar mampu membaca kode-kode penting dalam jaringan komputer suatu perusahaan.

Akibat lainnya yang bisa ditimbulkan dari serangan worm ini adalah ketika komputer sudah terinfeksi worm maka kinerja komputer menjadi 5 kali lebih lambat daripada mulanya. Hal ini karena semakin lama semakin dalam worm mampu merusak komponen pengaturan internal komputer Anda.

Misalnya saja membuat komputer menjadi sangat lemot, risiko kehilangan file-file penting, serangan virus dan masih banyak akibat lainnya dari worm.

Cara Mencegah Worm Komputer

Dari pengertian work komputersudah dijelaskan bahaya serangan worm, oleh sebab itu diperlukan upaya-upaya ampuh untuk mengatasi worm dan mencegah agar serangan tidak semakin parah, berikut upaya yang bisa Anda lakukan:

  1. Sering update sistem operasi
    Paling tidak, lakukan update terhadap sistem operasi yang Anda gunakan minimal 4-5 bulan sekali misalnya pada Microsoft Windows. Jika Anda memiliki anti-virus, sebaiknya anti-virus juga dilakukan update berkala untuk mencegah masuknya program jahat yang tidak senagaja masuk dalam komputer Anda.
  2. Menggunakan firewall
    Gunakanlah program firewall pada perangkat komputer di perusahaan Anda untuk membantu mencegah serangan worm. Firewall dapat berfungsi untuk menghalangi masuknya link-link worm tak dikenal yang berpotensi merusak jaringan komputer Anda.
  3. Membiasakan scanning
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah memasang flashdisk atau hardisk eksternal namun tidak dilakukan scanning terlebih dahulu. Padahal kita tidak mengetahui apakah flashdisk tersebut membawa ancaman atau tidak. Jadi sebaiknya lakukan scanning secara rutin baik pada flashdisk/ hardisk atau perangkat.
  4. Berpikir sebelum menyimpan
    Maksud dari poin ini adalah Anda sebaiknya tidak sembarangan mengunduh, membuka maupun menggunakan file-file atau aplikasi yang menurut Anda tidak familiar. Karena bisa jadi file tak dikenal yang Anda unduh tersebut membawa worm komputer.

Jadi itulah ulasan singkat tentang pengertian worm komputer beserta informasi tentang cara kerja worm komputer dan bagaimana mengatasinya.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Cacing-komputer

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*